Kumpulan Cerita Rakyat dari Seluruh Indonesia

Legenda Sangkuriang dengan gambar Jawa Barat Episode 4

 Legenda Sangkuriang Episode 4

Gambar  : Indonesiahertage.org
   Tangkuban parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sekitar 20 km ke arah utara kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 m. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur,mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang yang sangat bau dan ini tercium sampai jauh dibawah gunung tangkuban perahu,kalau kita mau menuju Subang lewat Wisata Ciater bau belerang itu bisa tercium oleh kita.
Gambar : Mountain-forecast.com
Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.https://id.wikipedia.org
gambar : Wisatakebandung com
  Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pakai mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung,tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin. Seterusnya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu

gambar: manuelpastrana.blogspot.com 
 cerita ini sudah melegendaris khususnya ditatar sunda         ( Pasundan).....kisah seorang anak yang mencintai ibunya...dalam cerita ini ada tiga nama tokoh yang sangat dikenal   "Sangkuriang" seorang anak yang terlahir dari seorang ibu yang cantik jelita putri seorang raja yang mengasingkan diri ke hutan "Dayang Sumbi"..putri cantik yang jadi rebutan dikalangan para raja dijamannya....dan seekor anjing...penjelmaan dari seorang dewa yang dikutuk di kahyangan......"si Tumang".......cerita rakyat ini mungkin hanya sebuah dongeng jaman baheula akan tetapi ada hikmah dan pelajaran didalamnya..yuuk kita lanjut..


Sebelum kita melanjutkan kisah Cerita Rakyat Baheula Legenda Sangkuriang Episode 5 ada baiknya anda baca dulu..pesan dibawah ini :
bagi para pengggemar salak...hati-hatilah,,semoga artikel ini membantu anda...
 
Add caption
jalan2 sama temen...diperjalanan ketemu sama tukang jualan salak.. nawarin jualannya..."salaaak..salaaaak..salak bali mas..om...dijamin maniiiis!!!"...saya tertarik..karena emang saya suka salak...bersama temen saya mendatangi tukang salak tersebut.. mungkin anda juga tahu kebiasaaan tukang jualan buah-buahan ataupun pakaian suka di kasih label harga demikian juga situkang salak .diatas tumpukan salak....ada tulisan harga......waah..murah jg masa 5000/Kg....dengan mimik muka yang menyakinkan tukang salak nawarin"silahkan om dijamin salaknya maniiiis.!!!"...saya coba tawar 4000/kg....eeh taunya dikasih jg...."beli bang 2 kg..yaaa.!!!" situkang salak pun menjawab.."boleh....boleh om..silahkan!!!"....singkat cerita sampailah saya dirumah...bisa kebayang habis jalan2.... gerah dan panas ..wuiih kalo makan salak pasti enaaak bangeet....tanpa tunggu lama..saya kupaaas dan dimakan salak itu......puuiiih aseem sama keseet banget..saya coba lagi yg lain kondisinya masih sama saja.......keseeel bangeet saya dibohongin..saya kembali ke pasar ternyata si abang masih ada...muka saya udah aseem saking marahnya...saya lempariin..tuh salah..."heeeh bang kalo jualan jujur dong..masa salak kaya gini dijualin...kamu ini jualan atau menipu..??"..si abang tukang salak..dengan muka tenang ..bilang: " tenaaang..jangan maraaah om....2 kg aja udah marah-marah..tuh saya 2 karung aseem semua...!!!"...hehehe...
 Cerita Rakyat Baheula Legenda Sangkuriang Episode 5
 Sangkuriangpun...Dengan semangat membara menyanggupi apa yang di inginkan Dayang sumbi.dalam pikirannya ia sudah yakin pekerjaan itu akan dia selesaikan tepat waktu....Sangkuriang merasa yakin dengan ilmu kesaktian yang ia miliki....apalagi dibantu teman-teman dari bangsa siluman.........singkat cerita maka Sangkuriang memohon ijin kepada Dayang sumbi,ia akan melaksanakan apa yang dinginkannya sebagai syarat Dayang sumbi menerima keinginan Sangkuriang untuk menikahinya...Dayang sumbi  dengan rasa kuatir dan cemas....mempersilahkan Sangkuriang melaksanakan persyaratan itu.
Malam itu dibantu sama teman-temannya dari bangsa siluman mulailah pembangunan bendungan sebagai syarat untuk menikahi Dayang sumbi dikerjakan,dengan semangat yang luar biasa Sangkuriang terus bekerja tanpa kenal lelah,sedikit-demi sedikit batu-batu mulai ditumpuk dengan rapih......waktu terus berputar........tak terasa sudah menjelang tengah malam........Dayang sumbi pun dengan hati berdebar-debar dan dipenuhi rasa cemas..memperhatikan pekerjaaan itu....dan semakin malam nampaklah bendungan itu hampir selesai,Dayang sumbi menangis dan terus memohon kepada Sang Maha kuasa agar hal ini jangan sampai terjadi,dalam kesedihannya Dayang sumbi mendapat perintah untuk segera menumbuk padi dilesung......lalu dilaksanakanlah perintah itu...dan ternyata pukulan dilesung itu juga kedengaran oleh para penduduk sekitar,para penduduk ikut terbangun dan segera menumbuk  padi.....dan tak lama ayampun ikut berkokok...karena disangkanya hari sudah mulai pagi...mendengar ayam berkokok  para siluman yang membantu Sangkuriangpun mengira hari sudah hampir pagi....mereka segera menghentikan pekerjaan itu,Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya.
Setelah itu Sangkuriang mendekat kearah Dayang sumbi,akan tetapi Dayang sumbi lari menjauh....dia terus berlari....Sangkuriang yang sudah gelap matapun terus mengejarnya,dan tiba-tiba terdengar suara ledakan yang sangat dasyat..dan tubuh dayang sumbi lenyap tanpa bekas.Konon menurut cerita ini ibu Dayang sumbi,diselamatkan oleh Yang Maha Kuasa dari persoalan ini...dan sementara perahu yang ditendang Sangkuriangpun lama-lama berubah menjadi sebuah bukit dan kemudian menjadi gunung yang besar,gunung itu hingga sekarang dinamakan Gunung Tangkuban Perahu.....demikan akhir cerita ini semoga ada guna dan manfaatnya....

ditulis : Admin





 
Tag : 4, sangkuriang
0 Komentar untuk "Legenda Sangkuriang dengan gambar Jawa Barat Episode 4"

Back To Top