Kumpulan Cerita Rakyat dari Seluruh Indonesia

Legenda Danau toba dengan gambar Sumatera Utara

 Legenda Danau toba 

         Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat Ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan gunung berapi super yang paling baru. Bill Rosse dan Craig chessner dari Michigan technology Univercity memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.Kejadian ini menyebabkan kematian massal.  https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba
Di setiap daerah  negara kita,berbagai cerita legenda bermunculan,seperti dari daerah Sunda ( Pasundan)   Sangkuriang yang dihubungkan dengan terjadinya Gunung yang menyerupai sebuah perahu atau yang kita kenal dengan nama Gunung tangkuban perahu yang terletak didaerah Bandung Jawa Barat,ada Cerita yang terkenal dari daerah Minang yaitu seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya dan dikutuk menjadi sebuah batu yaitu cerita Malin Kundang,demikian pula cerita atau legenda Danau Toba,yang dikaitkan dengan asal usul terjadinya sebuah danau yang Indah,dan juga sudah sangat terkenal ke manca negara dan jadi tujuan nomer 1 para wisatawan mancanegara,selain daerah-daerah wisata yang terkenal lainnya dinegara kita.
 Cerita Rakyat Baheula Legenda Danau toba 
Menurut cerita...........pada jaman baheula hiduplah seorang petani,bernama Toba...dia seorang petani yang rajin dan hidup sendirian Toba setiap hari bertani mengerjakan sawah dan ladang.........pertaniannya tumbuh sangat subur......Pagi sekali Toba sudah berangkat ke ladang,badannya yang tegap dan sehat..dipundaknya membawa cangkul dan bekal makanan buat makan diladang.Kadang ia bekerja seharian tanpa kenal lelah...apalagi kalau musim penghujan sudah datang......hari-hari dia lewati dengan kesibukan berladang.

alam disekitar sangat luar biasa,untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya Toba tidak merasa kesulitan...di sekitarnya ada sungai yang airnya sangat jernih,hiduplah berbagai macam ikan didalamnya.setiap hari setelah dia berladang kebiasaannya memancing disungai untuk lauk pauk dirumahnya,dia tidak merasa kesulitan mendapatkan ikan,karena ikan yang ada didalam sungai sangat banyak.sungai yang bersih dan jernih membuat ikan betah dan senang hidup untuk berkembang biak.
Seperti biasanya Pada suatu hari setelah selesai berladang Toba bergegas membawa pancingannya menuju sungai yang ia biasa dipakai untuk memancing.gemericik air sungai enak didengar bisa  melepaskan penat dan dahaga selama berladang.singkat cerita...setelah semua perlengkapan siap ia duduk diatas sebuah batu memasangkan cacing dimata kailnya.
Akan tetapa pada hari ini tidak seperti biasanya,setelah menunggu beberapa lama kailnya tak juga dimakan ikan,akan tetapi dengan sabar Toba sang petani tetap menunggu mata kailnya dimakan ikan....Senja sudah mulai datang....dan sekelilingnya sudah mulai gelap...toba..segera berkemas karena takut kemalaman sampai dirumah...hari ini mungkin  rejekiku lagi tidak ada...pikir toba ..baiklah aku pulang saja mungkin esok hari aku bisa dapat ikan lagi disini......akan tetapi takkala dia sudah mulai berkemas tiba-tiba pancingannya dibawa ikan,ia dengan gembira segera menarik pancingannya..akan tetapi ternyata ikan itupun melawannya dengan tarikan yang kuat..toba dengan sabar membiarkan pancingannya dibawa ikan masuk kedalam sungai....dan akhirnya ternyata ikan itupun kelelahan ditariknya pancingan dengan kuat dan akhirnya ikan bisa diangkat dari sungai......dan ternyata ikan itu sangat besar...toba sangat girang lalu ikan itu dimasukanya kedalam karung.
Setelah ikan dimasukkan,toba bergegas membereskan semua peralatan pancing dan perbekalannya...takut kemalaman toba bergegas pulang kerumahnya.
menjelang magrib sampailah Toba dirumahnya.diletakan ikan tersebut di kamar mandinya,toba segera ke dapur untuk mempersiapkan perlatan memasaknya,akan tetapi waktu ke dapur ternyata kayu bakarnya sudah habis,akhirnya toba keluar lagi untuk mencari kayu bakar..walau agak remang-ramang toba terus mencari kayu bakar karena ia pikir kalau ikan itu tidak dimasak malam ini takut ikannya menjadi bau....akhirnya dapatlah kayu bakar cukup buat malam ini dan sehari esok,lalu ia panggul dan pulang kerumahnya..diletakkannya kayu bakar tersebut ditempat biasanya,,setelah itu ia pun ambil pisau untuk membersihkan ikan yang ia dapat tadi akan tetapi......................( sungguh aneh dan ajaib..ditempat itu......ada apa gerangan ceritanya kita lanjut di episode mendatang)

Hikmah cerita
alam kita Indonesia,begitu indah dan sangat kaya akan sumber daya alam,kita sebagai bangsa yang subur ini sudah sepatutnya mensyukuri segenap anugerah ini,bersyukur dalam arti mau merawatnya,mengolahnya dan memakmurkan alam ini.
Kesabaran,keuletan,dan kegigihan tanpa kenal menyerah sebuah landasan yang paling dasar dalam mengarungi kehidupan ini. 

ditulis : Admin







 









Tag : danau toba
0 Komentar untuk "Legenda Danau toba dengan gambar Sumatera Utara "

Back To Top