Kumpulan Cerita Rakyat dari Seluruh Indonesia

Legenda Sangkuriang dengan gambar Jawa Barat

 Legenda Sangkuriang episode1

Gambar  : Indonesiahertage.org
    Tangkuban parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sekitar 20 km ke arah utara kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 m. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur,mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang yang sangat bau dan ini tercium sampai jauh dibawah gunung tangkuban perahu,kalau kita mau menuju Subang lewat Wisata Ciater bau belerang itu bisa tercium oleh kita.

Gambar : Mountain-forecast.com
 Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.https://id.wikipedia.org
gambar : Wisatkebandung com
                            Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pakai mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin. Seterusnya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perah

gambar: manuelpastrana.blogspot.com

cerita ini sudah melegendaris khususnya ditatar sunda         ( Pasundan).....kisah seorang anak yang mencintai ibunya...dalam cerita ini ada tiga nama tokoh yang sangat dikenal   "Sangkuriang" seorang anak yang terlahir dari seorang ibu yang cantik jelita putri seorang raja yang mengasingkan diri ke hutan "Dayang Sumbi"..putri cantik yang jadi rebutan dikalangan para raja dijamannya....dan seekor anjing...penjelmaan dari seorang dewa yang dikutuk di kahyangan......"si Tumang".......cerita rakyat ini mungkin hanya sebuah dongeng jaman baheula akan tetapi ada hikmah dan pelajaran didalamnya..yuuk kita lanjut..
Alkisah,putri cantik jelita "Dayang sumbi" adalah anak seorang raja "Sungging perbangkara" yang dengan keelokan parasnya menjadi rebutan para raja dan pangeran pada jamannya,banyak raja dan pangeran yang ingin meminangnya,akan tetapi entah kenapa "dayang sumbi" tidak mau menerima  siapapun.
gambar : santri,blogspot.com
Akhirnya karena menjadi rebutan banyak orang, sang putri "Dayang Sumbi"mengasingkan dirinya ke sebuah bukit ditengah hutan ditemani seekor anjing "Si Tumang"....sang anjing menemani tuannya yaitu sang putri "Dayang sumbi"dengan setia...dia menjaganya siang dan malam...dan sang putripun karena kesetiaan "si tumang" sangat menyayanginya...pada suatu hari...putri cantik jelita"Dayang Sumbi"melakukan pekerjaannya sehari-hari menenun kain,akan tetapi hari itu naas  pintalan benangnya jatuh...dan sang putri merasa malas mengambilnya,karena pintalan benang itu cukup jauh jatuhnya..berkatalah sang putri "Dayang sumbi"...."siapa yang mau mengambilkan pintalan benangku jika perempuan akan kujadikan saudaraku dan kalau lelaki akan kujadikan suamiku..."


Hikmah
- Ucapan tak kala kita kesal yang kata orang sunda "Aral" dan "Kesetiaan"  ternyata akan membawa alur cerita dongeng menjadi cerita panjang, mungkin kita diawal cerita "Cerita rakyat Baheula Legenda Sangkuriang ini ,bisa mengambil hikmah.  Didalam cerita ini ada pelajaran penting bahwa  kata-kata Aral,sompral,sumpah serapah itu jangan dilakukan karena dampaknya akan luar biasa terhadap diri kita......pembaca yang budiman..Kesetiaan adalah hal pokok dalam kehidupan,cerita ini akan menggambarkan hasil dari kesetiaan seekor anjing "situmang" ternyata membuahkan kebaikan buat dirinya,dan cerita ini juga menggambarkan bahwa sesungguhnya kesetiaan itu milik siapapun dan bisa dilakukan oleh siapapun.semoga cerita ini menjadi motivasi dan inspirasi buat kita semua ..................................untuk bisa mengikuti cerita ini selanjutnya ikuti di
"Cerita rakyat Baheula Legenda Sangkuriang episode 2"
http://cerita-rakyat-baheula.blogspot.com/2015/08/cerita-rakyat-baheula-legenda_18.html
Sumber  : diambil dari beberapa sumber
ditulis    :  Admin

Tag : 1, sangkuriang
0 Komentar untuk "Legenda Sangkuriang dengan gambar Jawa Barat "

Back To Top